Kitoderm Vitamin C 15% Serum

Hi! Welcome back to my humble blog \(*^▽^*)/
Kali ini aku mau review produk cosmeceutical skincare dari brand lokal. Cosmeceutical itu sendiri merupakan produk skincare berisi bahan-bahan aktif yang teruji klinis bekerja untuk memperbaiki kulit. Biasanya tidak mengandung bahan-bahan 'gimmick' yang tidak bermanfaat untuk kulit (tidak selalu sih). Dan produk cosmeceutical skincare ini biasanya dijual di apotek dan klinik-klinik kecantikan.

Tapi, banyak produk cosmeceutical yang dijual secara online dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga di klinik kecantikan. Selama produk tersebut tertera merk dan tidak dicampur dengan penggunaan skincare non-label (racik), yang biasanya mengandung obat keras dan tidak terdaftar di BPOM, tidak masalah kok  ┐( ´ д ` )┌


Jadi, produk cosmeceutical apa sih yang mau aku review ini?
Kitoderm Vitamin C 15% Serum
POM NA18141900018
Mereka ini menerima makloon kosmetik, makanan dan minuman juga lho :)
Sudah mendapatkan logo halal MUI

Aku tertarik dengan serum ini karena kandungan vitamin C-nya. Selain untuk mencerahkan, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan produksi kolagen. Maka, vitamin C dapat berfungsi sebagai anti-aging yang cukup baik. Menggunakan bahan yang bisa meningkatkan produksi kolagen lebih baik daripada menggunakan skincare atau produk minuman berkolagen. Kok bisa?

Yah...soalnya mengkonsumsi minuman ataupun pil kolagen tidak meningkatkan kadar kolagen di tubuh dan kulit. Tubuh mengenali kolagen yang kita konsumsi sebagai protein. Kalau pun kamu meminum minuman/pil kolagen dan merasakan khasiatnya, biasanya itu karena ingredients tambahan yang ada di dalam minuman/pil tersebut.

Untuk kolagen topikal...ini tergantung. Permasalahannya, molekul kolagen terlalu besar untuk mempenetrasi dermis. Jadi bila ada yang dapat membuat molekul kolagen jadi lebih kecil sehingga mampu mempenetrasi kulit dengan lebih baik, maka mungkin kolagen topikal dapat bekerja dengan baik. Tapi sebagai bahan untuk melembabkan, kolagen ini cukup oke kok. Hanya saja tidak efektif sebagai anti aging.

What the product claims:
Serum yang mengandung Vitamin C 15% yang berfungsi untuk mencerahkan kulit, membantu menyamarkan noda hitam pada wajah, serta merawat kelembaban kulit.
Di dalam botol bubuk vitamin C-nya ada tutupnya lagi untuk menjaga kualitas produk.

How to use:
Campurkan serbuk Vitamin C (botol kecil) pada Larutan Serum (botol berpipet) kemudian aduk sampai semua serbuk terlarut sempurna.
Teteskan 3-4 tetes serum pada telapak tangan, usapkan secara merata pada wajah. Gunakan secara teratur pada pagi dan malam hari. Simpan di tempat sejuk dan kering.

Aku menyimpannya di lemari agar terhindar dari paparan sinar matahari, agar serum tidak teroksidasi.

Ingredients list:
Informasi, klaim, dan cara penggunaan juga tertera di botolnya. Jadi kalau kamu tidak sengaja menghilangkan dusnya tidak masalah.

Water (pelarut), Sodium Ascorbyl Phosphate (vitamin C), Glycerin (moisturizer/humektan, pengikat), Hydroxypropyl Methylcellulose (pengemulsi, pengental), Triethanolamine (pengatur pH), Citric Acid (pengatur pH, exfoliant), Methyl Paraben (pengawet), Sodium Metabisulfite (pengawet), Tetrasodium EDTA (chelating, penstabil).

Serum ini menggunakan vitamin C dari jenis sodium ascorbyl phosphate (SAP). Apa sih bedanya SAP dengan pure vitamin C alias ascorbic acid (AA)? Ascorbic acid ini sebenarnya memberikan hasil yang lebih cepat ketimbang SAP, tapi sayangnya dia tidak stabil dan rawan menimbulkan iritasi pada kulit. Maka, dibuatlah alternatifnya, SAP yang lebih stabil dan gentle di kulit. SAP juga dapat membantu membunuh bakteri P. acnes, si biang kerok penyebab jerawat. Sayangnya, SAP juga ada kekurangannya, yaitu kemampuan penetrasi ke dalam kulitnya lebih rendah daripada AA.

Size:
15 ml

PAO:
Tidak tertera (-_-)

Price:
40000-50000 IDR
(online)
Murah banget kan astaga 
(⊙_⊙)

My experience with this product:
Teksturnya kental, lengket, dan agak lama meresap, tapi tetap bisa meresap dengan baik kok. Penyebabnya mungkin karena glycerin dan hydroxypropyl methylcellulose yang berada pada urutan awal komposisi.

Setelah rutin menggunakan serum ini (sudah masuk ke pemakaian setengah botol), kulitku terasa lebih kenyal dan halus. Aku juga merasa kalau serum ini mempercepat proses purgingku yang terjadi karena menggunakan COSRX BHA Blackhead Power Liquid (I'll review this later). Purgingnya heboh tapi kulit cepat pulih. Sebagian besar beruntus yang muncul sudah kempes dan tidak meninggalkan bekas yang signifikan.

Untuk klaim mencerahkan, jujur sih aku ga dapet efek ini 
( ̄ω ̄)



The Conclusion
Pros:
  • Membuat kulit kenyal dan lembab
  • Mempercepat proses pemulihan purging
  • Jerawat yang muncul tidak berbekas
  • MURAH!
Cons:
  • Terlalu kental dan agak lama meresap
  • Tidak mencerahkan (ga terlalu masalah sih buatku)
Will I repurchase? Mungkin. Pengennya sih cari serum cosmeceutical yang kandungan vitamin C-nya dari jenis magnesium ascorbyl phosphate (penetrasi ke kulitnya lebih oke daripada SAP) atau ascorbic acid (yang lebih nampol). Tapi masih galau juga sama niacinamide (plakk).



See you again next time! Thanks for reading my blog (´。• ω •。`) ♡














References:
https://incidecoder.com
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/drinking-collagen#what-science-says

Comments

  1. berhentilah meracuni ku... hati ini selalu ingin pergi ke shopee. ingin coba coba padahal baru sembuh dari bo karena nacific

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli lah~ ga cocok pun ga terlalu sakit hati karena harganya murah ( ͡° ͜ʖ ͡°)

      Delete
  2. Susah banget cari blog yg review produk ini.
    Aku baru nyobain produk ini.
    G tau, label yg asli gmn atau sekarang berubah. Kok ada yg biru, ada yg hitam putih. (kan jadi bingung)
    Aku coba Pakai seri lightening.
    Pakai glowing serum nya juga.
    Beda dengan produk2 serum yg pernah aku pakai sebelumnya. Kl di pakai ringan, cepat meresap. G bikin lengket.

    Kl punya kitoderm ini lamaaa meresap, rasanya agak lengket.
    Nah kl di timpa dengan krim malam(lightening) , tambah jadi kayak tipe kulit kilang minyak. Apalagi kl keringetan, tambah g karuan deh..
    ketika pakai sunscreennya juga kurang lebih seperti itu. Kl di kasih bedak tabur, mendingan sih.. Tapi kl keringatan, aduh g banget, jadi belang2 g rata gitu.

    Semua produknya g ada sedikit aroma wangi. Bau kimia menyengat juga enggak. Tapi menurut ku g enak. Kayak produk kepanasan /udah lama.

    G tau juga untuk produk ini, tapi seri yg lain seperti apa.
    Saya cuma share, barangkali ada yg mengalami hal yg sama. Karena baru coba, dan masih belum ada seminggu 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sejauh ini baru pake serum vit C-nya aja sih. Iya di aku agak pliket. Tapi di temenku yg sama2 oily tapi lebih rentan dehidrasi ga terlalu lengket katanya, setelah ditimpa skincare lain juga ga berasa apa2.

      Iya jarang yang review karena ga sepopuler produk cosmeceutical lain, misalnya theraskin dan immortal 😅

      Delete
  3. benerrr bangettt,,, aq bingung mau konsul, galau, curhat sm sp lagi nih,,, dah 2 minggu an aq coba pake produk kitoderm paket acne,, yg semua kemasan wrn hijo, awalnya aq mantep, krn trdpt zat tea tree oil yg mgkin sgt bagus utk kulit. awal2 pemakaian sih wjhku sdkit panas tp cm 3-5 hr an,, kmdn sdkit mngelupas, eeh muncul jerawat satu demi satu,, jerawat hilang muncul yg baru. sempet stress sih.. stlh aq pahami&bc2 google mgkin itu nm nya purging. skrg sdh mnginjak pemakaian kurang lbh minggu kedua. jerawat sdh jarang bermunculan,,cm sisa2 bruntusan dikit lah... pernah pas mau ada acr,,sy make up pake cream ini,, dah pake bedak jg. eeehh blm ada 1jam ketika kluar keringat bedak jd luntur, wajah klihatan berminyak gk karuan.uuuhhh... tp kenapa yaaa... aq kok semakin hr semakin kurang sregh dg produk ini.. untuk jenis kulit sy yg berminyak dan sdkit berjerawat (tdk parah sih), klo sy teruskan pake produk ini kyknya percuma deh,, buang2 wktu&duit.krn mgkin wjh sy gk bkl jd putih bersinar. krn dlm kandungan creamnya gk ada pemutihnya. klo jerawat hilang mgkin iyaa,,,kalo sy rutin pakenya. tp untuk efek putih&glowing kyknya enggak. wjh sy tetep spt biasa2 sj,,spt gk perawatan. saat ini sy msh bingung&galau nih,,, mau dilanjutin ato berhenti___ move on yg lbh cocok utk kulitku___ 🤔🤔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sampai mengelupas itu bukan purging deh, kayaknya kandungannya terlalu keras untuk kulitmu. Kamu ada pakai krim ga berlabel yang dipaketin gitu gak sama krim bermerk kitoderm?

      Delete
  4. Kak Melinda, kalo umur 19 boleh ga sih pake serum ini? Kulitku normal to oily (kombinasi) tapi aku suka muncul jerawat kak, dan itu lama banget, kalo jerawatan sebulan coba baru kempes. Sedih akutuh, padahal ctmp rajin, pake obat totol jerawat jg rajin, tapi gatau deh kalo jerawatan pasti kempesnya lama.

    ReplyDelete
  5. Awal a saya pakai serum ini beli a di klinik kecantikan.. trus aku searc di shope trnyata ada dan lebih murah... tapi aku galau sendiri .. apakah yg di jual di shope itu asli atau ga 😔

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asli kok. Sejauh yg kutau kitoderm belum ada palsunya. Memang harganya jauh di bawah harga klinik yg biasanya naik berkali-kali lipat.

      Delete
  6. Hi kakkk. Kalau mau untuk mencerahkan, pake yg glowing white serum kak. Mantap banget asli. Aku tau serum ini dr dokter spkk ku. Karena kulitku kusam.
    Iseng aku buka kertas dr dokternya yg ada di serumnya, akhirnya auto search online nyari sendiri, murah ternyata.🤣🤣🤣🤣
    Aku beli di dokter 150K.😂

    ReplyDelete
  7. Terima kasih infonya, Dan jangan lupa selalu gunakan Makeup untuk kecantikan wajah.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pond's Glitter Glow Cream vs. Pond's Instabright Glow Up Cream (Review & Comparison)

Sweet Tutty Fruity Blue 3T