Pond's Glitter Glow Cream vs. Pond's Instabright Glow Up Cream (Review & Comparison)

Lebih bagus yang mana ya? πŸ€”

Hi! Welcome back to my humble blog \(*^▽^*)/
Jadi, belum lama ini aku terpincut dengan Pond's x Archita Glitter Glow Cream yang hasilnya betul-betul mantul glowing-nya tapi tidak membuat muka terasa greasy. Sebelum produk tersebut sempat aku review, ternyata Pond's juga mengeluarkan 'dupe' murahnya dari seri Instabright, yaitu Pond's Instabright Glow Up Cream. Makanya di review kali ini sekalian saja aku bandingkan keduanya ya.

Sit back and relax! Karena ini akan menjadi review yang puanjaaaang LOL.

Produk pertama yang akan aku review yaitu ...
Yaaass~ si Pond's Glitter Glow Cream.

Seri Glitter Glow ini berkolaborasi Archita Siripinyanond, seorang influencer di Instagram dan Facebook; yang juga merupakan beauty vlogger. Di usia 23 tahun, dia sudah punya makeup brand sendiri yang dinamakan sama dengan namanya, yaitu Archita. Jadi sebelum dia collab dengan Pond's, memang dia udah berpengalaman di dunia industri makeup ya ... keren! πŸ˜
Contoh produknya:
Atas: brow pomade
Bawah: cream blush

Balik lagi ke Glitter Glow, ada empat produk dari seri ini, yaitu Glitter Glow Mask (peel-off mask), Glitter Glow Moisture Stick (stick highlighter, bisa jadi blush juga), Glitter Glow Duo Powder (loose highlighter, bisa dicampur ke loose powder), dan Glitter Glow Cream (pelembab ber-shimmer multifungsi).
Semua produk ini diklaim bisa memberikan tampilan yang glowing dan dewy di kulit.

Aku membeli yang kemasan sachet, karena takutnya kalau beli yang full size rugi apabila tidak cocok (bilang aja missqueen, Markonah~!)

What the product claims:
Paduan pelembab dan illuminating cream dalam satu kemasan. Mencerahkan kulit kusam seketika dan memberikan efek kilau natural. Untuk wajah tampak bercahaya dari dalam.

How to use:
Ambil glitter cream seujung jari, oleskan pada area yang menonjol seperti tulang pipi, kening, ujung hidung. Dapat juga diratakan pada seluruh wajah untuk mendapatkan glow ala unicorn!
Tolong ya jangan aplikasikan pada perut walau perutmu menonjol. Kasihan orang-orang nanti, dibutakan oleh kilau yang intensitasnya seakan-akan matahari turun ke bumi.

Ingredients list:
Menurutku tidak berbeda jauh dengan pelembab dari seri pencerah Pond's yang lain yang menggunakan niacinamide sebagai bahan pencerah di urutan awal. Ada juga tambahan vitamin C (sodium ascorbyl phosphate). Yang membedakan hanyalah tambahan synthetic fluorphlogopite (mica sintetis, pewarna dan binding agent) yang memberikan efek glittery/shimmery pada pelembab ini.

"Fun" facts: Lush menggunakan synthetic fluorphlogopite sebagai pengganti mica karena kontroversi penambangan mica ilegal di India yang melibatkan pekerja anak-anak di bawah umur. Tidak sedikit anak-anak penambang mica meninggal karena terperangkap dan tertimbun dalam gua mica yang runtuh πŸ˜­

Untuk yang tertarik menonton liputannya...
 
πŸ‘‡ Klik link ini ya πŸ‘‡

Size:
Full size 25 gr, sachet 7 gr

Price:
Full size 100.000 IDR, sachet 15.500 IDR
Eeh kalo dipikir-pikir lebih murah beli sachet dong ya? Beli empat sachet (28 gr) cuma 62.000 lho. Sedangkan yang full size kena 100.000. Walaupun sering diskon, sejauh ini hanya mentok di harga 70.000-an saja lho.
Cuma yah kemasannya kurang berestetika saja hahaha.

My experience with this product:
Keliatan gak sih ada shimmer halusnya yang berwarna pink keunguan?
Lebih keliatan kan shimmernya?

Ketika diblend. Kelihatan ada butiran shimmernya.

Teksurnya menurutku kayak diantara lotion dan cream, agak sedikit encer tapi tidak terlalu. Daya lembabnya di kulitku yang berminyak biasa saja. Makanya aku menggunakan produk ini lebih sebagai illuminating primer ketimbang pelembab. Jadi aku pakai ini setelah selesai melakukan skincare routine.

Sebenarnya, jika dilihat dari petunjuk pemakaian, produk ini juga bisa digunakan sebagai highlighter. Tapi menurutku agak susah dikontrol pemakaiannya, aku selalu terlalu lebar blending-nya, jadi sepipi-pipi sekalian kinclong wakakakak. Jadi ya sudah, sekalian saja kupakai sewajah πŸ˜…

Hasilnya? Well, biarkan foto yang berbicara...
 Ugh, bad hair day. Look at that dry tips and split ends. I should trim it and take a better care of my hair πŸ˜’
Pond's Glitter Glow Cream seujung jari, di-blend semuka, terus ditimpa menggunakan Canmake Liquid Smooth Foundation. Aku hanya menggunakan sedikit setting powder di area samping hidung dan samping mulut, serta matte bronzer di area-area tertentu.
Hasilnya...natural glow kayak dewy gitu. Tidak ketara kok shimmernya. Cintaaaa πŸ˜
untuk klaim mencerahkan, menurutku sih tidak bikin wajah jadi lebih cerah ya. Aku hanya mendapatkan efek glowing saja.



Lalu, produk 'dupe'-nya yang akan aku review~
Pond's Instabright Glow Up Cream (Golden Sunshine)
Produk ini juga tersedia dalam warna Pearly Aura (putih) dan Pink Crush (pink). Semua warna diklaim bisa digunakan untuk semua warna kulit kok. Tapi aku kurang tahu apakah yang pink akan aneh bila digunakan pada kulit dengan warm undertone, atau apakah warna golden akan aneh bila digunakan pada kulit dengan cool undertone atau tidak.
Jadi aku sebagai pemilik kulit yg agak warm dengan penuh keraguan memilih warna golden sunshine walau nampaknya di gambar kok agak gelap LOL.
What the product claims:
 Untuk pertama kalinya, Pond's mempersembahkan koleksi hybrid yang menggabungkan manfaat dari produk perawatan kulit dan makeup. Hasil akhir shimmery glow seketika pada wajah seperti memakai makeup, kini ada dalam day cream kamu. Kulit jadi terasa lebih lembut, terasa kenyal, dan glowing seketika!

Anu..."untuk pertama kalinya"?
Glitter Glow Cream pun berkata:

How to use:
Glow Up cream ini kurang-lebih sama dengan Glitter Glow Cream, hanya saja ada saran untuk mencampurkan dengan foundation/makeup base lainnya. Tapi menurutku si Glitter Glow Cream juga bisa dicampurkan ke foundation kok.

Ingredients list:
 Komposisinya juga hampir sama dengan Glitter Glow Cream, sama-sama menggunakan niacinamide sebagai bahan pencerah. Bedanya, terdapat hyaluronic acid dalam krim ini seperti klaimnya. Sama-sama menggunakan mica sintetis juga, namun juga masih menggunakan natural mica.

Size:
20 gr

Price:
27.000 IDR
Aku beli pas diskon jadi 21.000 IDR
Saat aku beli, produk ini baru tersedia di Official Shop Pond's Lazada saja.

My experiences with this product:
 Weh kok bener rada gelap ini warnanya ...
Entah terlihat di foto atau tidak, tapi butiran shimmernya lebih besar daripada Glitter Glow Cream.
Ternyata menyatu dengan warna kulit. Fyuuuh ... aman πŸ˜‚
Tapi kilaunya lebih malu-malu kalau dibandingkan dengan Glitter Glow Cream. Padahal butiran shimmer-nya sedikit lebih besar Glow Up Cream ini huhuhu.

Teksturnya mirip dengan Glitter Glow Cream, hanya saja ketika dibaurkan teksturnya lebih cair. Daya lembabnya juga di bawah Glitter Glow Cream, yang mana memang daya lembabnya sudah geli-geli wkwkwk. Dan penggunaannya aku pakai sebagai illuminating primer.

Masalahnya ... ternyata setelah ditimpa foundation yang sheer to light coverage sekalipun seperti Canmake Liquid Smooth Foundation, shimmer-nya hampir tidak terlihat sama sekali. Setelah bertapa di gunung Kawi selama 7 hari 7 malam, akhirnya aku membaca ulang cara penggunaannya. Aku pun menggunakan Glow Up Cream ini sebagai campuran foundation.

Foundation yang aku gunakan sebagai campuran adalah Catrice HD Liquid Coverage Foundation yang medium to high coverage. Alasannya karena teksturnya sama-sama agak cair dan sama-sama mengandung silikon, jadi seharusnya tekstur kedua produk tersebut bisa menyatu dengan baik. Selain itu, belakangan ini, entah karena pertambahan usia atau karena kondisi kulit agak berubah, HD Liquid ini rasanya agak terlalu matte, menegaskan fine lines di bawah mata dan dry patches. Kadang setelah beberapa lama juga menjadi agak terlihat cakey. Jadi aku agak berharap dengan mencampurkan kedua produk ini hasilnya akan terlihat oke 
πŸ˜†

Dan hasilnya...
Maap udah males makeup lengkap, jadi cuma pakai Glow Up Cream+eyebrow pencil+eyeliner+lip color balm huehehehe.

Uuuulululu~ bagus bingits, ciyus ... ! 😍😍😍
Penampakan kulit lebih smooth, mungkin karena faktor foundation yang aku gunakan juga (Catrice HD Liquid Coverage Foundation). Glowing-nya malah lebih oke menurutku, daripada ketika di-layering sebagai primer. Lain kali aku ingin coba campur Glitter Glow Cream dengan foundation ah! Yang shimmer-nya lebih cupu aja hasilnya sebagus ini, apalagi kalau menggunakan Glitter Glow Cream fufufu~~

Jadi ...




The Conclusion
So...who won the battle?

Menurutku, yang menang adalah Pond's Glitter Glow Cream, karena:
  • Shimmer lebih halus
  • Sedikit lebih lembab dan enak dibaurkan
  • Efek glowing lebih terlihat
Tapi dari segi harga, tentu Pond's Instabright Glow Up Cream lebih juara. Hasilnya juga tidak berbeda terlalu jauh kok. Jadi sesuaikan lagi dengan budget kalian ya πŸ˜‰

UPDATE:
Pond's Glitter Glow Cream dicampur dengan foundation Catrice HD Liquid Coverage. Kalo di foto hampir ga beda jauh ya hasilnya, tapi in real life, kalau dibandingkan dengan dijadikan base ataupun dibandingkan dengan Instabright Glow Up Cream dicampur dengan foundation yang sama, lebih glowing yang ini. Tapiii jujur enakan Glow Up Cream bila dicampurkan dengan foundation, hasilnya lebih bagus di wajah, kayak lebih smooth dan enak dibaurkan gitu. Kayaknya aku masih butuh beberapa percobaan agar lebih yakin sih.

Galau kalau habis akan repurchase yang mana? Iya dong πŸ€”πŸ˜­
Sepertinya aku bakal coba Pond's Instabright Glow Up Cream varian Pearly Aura dulu...





See you again next time! Thanks for reading my blog.

(´。• α΅• •。`) ♡





References:
https://justpigments.com/collections/synthetic-mica-and-biodegradable-glitter
https://www.truthinaging.com/ingredients/synthetic-fluorophlogopite
https://stylo.grid.id/read/141672857/ponds-glitter-glow-rangkaian-skincare-dan-makeup-bertema-unicorn-yang-bikin-tampilanmu-glowing?page=all
https://www.siam2nite.com/en/magazine/fashion/item/540-10-thai-beauty-bloggers-to-follow-for-inspiration-and-advice

Comments

  1. Terima kasih ka sudah mereview produk ini saya sangat senang jadinya saya tidak bingung lagi mau beli yang mana😁

    ReplyDelete
  2. Hasilnya bagus mba😁😍
    Glowing

    ReplyDelete
  3. Makasih review ny lengkap bener😊

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kitoderm Vitamin C 15% Serum

Sweet Tutty Fruity Blue 3T