Hawaiian Tropic Sheer Touch Ultra Radiance Lotion Sunscreen - SPF 50 PA++++

Hi! Welcome back to my humble blog \(*^▽^*)/
Kali ini, aku mau review produk body sunscreen kesukaanku (untuk saat ini), yaitu:


Hawaiian Tropic Sheer Touch Ultra Radiance 
Lotion Sunscreen SPF 50 PA++++

(panjang bener sih, bikin pegel ngetiknya ●︿●)


Recommended by Skin Cancer Foundation for daily use as an effective broad spectrum sunscreen. Interesting, eh?



What the product claims:
Hawaiian Tropic Sheer Touch Ultra Radiance lotion sunscreen offers triple enhancement for radiant skin: protects, softens, leaves skin glowing. This ultra-conditioning formula leaves skin soft and luminous. It is blended with shea butter complex and mango fruit extract. Indulge in the beauty of sun protection.* Broad spectrum UVA/UVB * Dermatologist tested * Oil-free
* Vitamin C & E * Tropical fragrance

Hawaiian Tropic Sheer Touch Ultra Radiance lotion sunscreen memberikan tiga manfaat untuk kulit bercahaya: melindungi, menghaluskan, dan membuat kulit bersinar. Formulanya yang sangat melembabkan membuat kulit lembut dan berkilau. Produk ini juga mengandung shea butter complex dan ekstrak buah mangga.

How to use:
Apply generously and evenly to exposed skin 20 minutes before sun exposure. Reapply at frequent intervals after perspiring, swimming or towel drying.
Gunakan dalam jumlah yang banyak dan merata pada bagian kulit yang terbuka, 20 menit sebelum terpapar sinar matahari. Gunakan kembali sesering mungkin setelah berkeringat, berenang, atau setelah mengeringkan tubuh dengan handuk.

Warning:
Avoid contact with eyes. If contact occurs, rinse thoroughly with water. If irritation or rash appears, discontinue use. Overexposure to the sun is a serious health threat. Do not stay too long in the sun, even while using a sunscreen product. Consult a physician before using on children under six months of age. Keep out of reach of children. May stain some fabrics. For external use only.
Hindari kontak dengan mata. Jika kontak terjadi, bilas dengan air. Jika muncul iritasi atau ruam, hentikan penggunaan. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat mengancam kesehatan. Jangan terlalu lama terpapar matahari walaupun telah menggunakan produk sunscreen. Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan produk ini untuk anak di bawah usia 6 bulan. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Dapat menodai kain. Untuk penggunaan luar (kulit).



Ingredients list:

Maaf agak buram, soalnya memang print tulisan di kemasannya buram (✖╭╮✖)

Disini aku baru ngeh, ternyata Hawaiian Tropic itu dimiliki oleh Energizer *-*

Dilihat dari komposisinya, sunscreen ini tergolong ke dalam golongan chemical sunscreen, karena kandungan UV filter-nya menggunakan Homosalate, Ethylhexyl Salicylate, dan Butyl Methoxydibenzoylmethane.

Homosalate merupakan senyawa organik yang merupakan bahan chemical sunscreen karena dapat menyerap pancaran sinar UVB.

Ingredient ini merupakan salah satu ingredient sunscreen yang 'water resistant', karena teksturnya yang cenderung licin dan berminyak mencegahnya larut dalam air. Karena kecenderungan licin dan berminyak itulah sunscreen ingredient ini dapat melembabkan kulit.
Ethylhexyl Salicylate (disebut juga octyl salicylate) juga merupakan senyawa organik yang merupakan bahan chemical sunscreen karena dapat menyerap pancaran sinar UVB.
Bagian salicylate dari molekulnya menyerap UVB, sedangkan bagian ethylhexanol merupakan fatty alcohol (long chain alcohol), menambahkan fungsi emollient dan membuatnya seperti minyak, sehingga menambahkan fungsi 'water resistant' dalam sunscreen ini.
Butyl Methoxydibenzoylmethane (disebut juga Avobenzone; dengan merk dagang Parsol 1789, Milestab 1789, Eusolex 9020, Escalol 517, Neo Heliopan 357, dsb) merupakan bahan chemical sunscreen yang larut dalam minyak, berfungsi untuk menyerap pancaran sinar UVA (full spectrum).
Avobenzone merupakan bahan sunscreen yang mudah terdegradasi oleh sinar matahari dan sensitif terhadap bahan pelarut (solvent). Biasanya, diperlukan stabilizing chemical untuk menstabilkannya, seperti octocrylene, Tinosorb S, Mexoryl SX, dsb.
Sayangnya, sejauh mataku memandang tulisan buram ingredients list di atas, sepertinya tidak terkandung bahan penstabilnya di dalam sunscreen ini. Biar lebih aman sering-sering reapply aja deh...

Sebenarnya aku mau bahas ingredients lainnya, tapi apa daya mataku tydack kuat untuk membaca tulisan buram gaje ituh qaqa. Maapin 'aim yak 
(╥_╥)

Size:
120 ml

Period After Opening (PAO):
Tidak tertera. Biasanya, PAO sunscreen sekitar 12 M (1 tahun).
Simpan di tempat yang sejuk dan tidak terpapar matahari, supaya kemampuan sunscreennya untuk menyerap paparan sinar UV gak terdegradasi.


Price:
Around 170.000 - 200.000 IDR

My Experience With This Product:

Bulu tanganku seksih~

Sunscreen ini memiliki tekstur yang cukup thick, namun bila dibaurkan menjadi lebih watery seperti lotion dan mudah untuk dibaurkan. Terasa sensasi lengket selama beberapa saat, namun lama kelamaan sunscreen lotion ini dapat menyerap dengan baik, tidak menimbulkan whitecast, dan tidak terasa lengket, walaupun tetap meninggalkan sedikit sekali kesan oily (yang lama kelamaan menghilang) dan kulit terasa terlapisi sesuatu. Tapi menurutku sensasinya ini gak menganggu sama sekali, apalagi kalau dibandingkan dengan sunscreen ber-SPF tinggi lainnya yang sama-sama water resistant.


Walaupun sudah meresap, sunscreen ini meninggalkan kesan glowing pada kulit. Sesuai lah dengan klaim 'ultra radiance'-nya. Di kulit badanku yang normal-cenderung oily, aku tidak merasa perlu menggunakan body lotion lagi sebelumnya. Lembabnya sudah cukup oke.
Aromanya patut dibahas nih, sumpah enak sekalihh...semacam wangi kelapa-coklat-vanilla manis. Wanginya juga cukup bertahan lama di kulit. Untuk yang suka pakai parfum harus agak memilih parfum yang wanginya tidak tabrakan dengan wangi sunscreen-nya nih (●_●)
    Hawaiian Tropic Sheer Touch Ultra Radiance Lotion Sunscreen ini bekerja dengan baik melindungi kulitku. Ketika aku main di waterpark, aku tidak mengalami sunburn sama sekali walau kulit tetap sedikit mengalami tanning. Saat aku panas-panasan di lingkungan outdoor seharian, kulitku juga tidak terasa cekit-cekit terbakar matahari dan sunburn. Me likey!


The Conclusion
Pros:
+ Teksturnya nyaman di kulit, mudah dibaurkan, tidak lengket
+ Dapat melindungi kulit dengan baik dari matahari, walau sedang berkeringat ataupun bermain air/berenang (jangan lupa reapply ya!)
+ Ukurannya travel friendly
Tidak whitecast
+
Melembabkan kulit
+ Wanginya  E N A Q U E

Cons:
+ Meninggalkan sedikit kesan oily di awal
+ Mahal 
(╥╥)

Will I Repurchase? Maybe, kalau butuh heavy duty sunscreen lagi buat main air atau panas-panasan.

See ya again next time! Thanks for reading my blog.
(´。• ᵕ •。`) ♡
















References:
https://en.wikipedia.org/wiki/Homosalate
https://www.webmd.com/drugs/2/drug-76945/homosalate-topical/details
https://en.wikipedia.org/wiki/Octyl_salicylate
https://cosmetics.specialchem.com/inci/ethylhexyl-salicylate
https://en.wikipedia.org/wiki/Avobenzone
http://www.cosmeticsinfo.org/ingredient/butyl-methoxydibenzoylmethane-0

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kitoderm Vitamin C 15% Serum

Pond's Glitter Glow Cream vs. Pond's Instabright Glow Up Cream (Review & Comparison)

Sweet Tutty Fruity Blue 3T