Canmake Smooth Liquid Foundation

Hi! Welcome back to my humble blog \(*^▽^*)/
Bhaaaaaaaaaaaaaaaaaakekok~

Aku pernah review produk ini di sebuah grup, dan setelahnya lupa untuk memasukkan reviewnya ke blogku sendiri. Hilih piye toh nduk ._.
Langsung capcus aja ye cyin. Produk yang akan kureview adalaaaah:
Canmake Smooth Liquid Foundation
02 Ochre

Canmake adalah sebuah brand makeup drugstore dari Jepang yang harganya (seharusnya) murah meriah. Sayangnya ketika masuk ke Indonesia (shippinng/pajak/dll) tentunya harganya naik dongs HAHAHA (。T ω T。)

Konsep Canmake itu "Girly, Pop, Shiny", semacam "Aku ingin cute, bersenang-senang, dan berkilau; tapi terlihat berbeda dari orang lain"
Mungkin karena konsepnya itu, hampir semua kosmetik Canmake packaging-nya unyu-unyu gemes, seperti gambar di bawah ini:
Gemes banget aaaaa~

Tapi untuk Smooth Liquid Foundation-nya ini, menurutku kemasannya tergolong biasa aja, simpel dan ga berisik. Aku sih ga ada problem sama sekali, cuma mungkin orang-orang yang suka kemasan unyu bakalan agak kecewa, soalnya produk Canmake yang lain ucul-ucul euy kemasannya.
Penampakan botolnya

Shade 02 Ochre

Shade yang kubeli ini No. 2 Ochre, untuk light to medium skintone dengan warm undertone. Warnanya juga agak keorenan. Semua shade Canmake Smooth Liquid Foundation ini warm undertone sih sejauh yang kutahu.

Ingredients List:
Foundation ini termasuk foundation silicone-based, keluarga besar silicone nangkring dengan manis di ingredients listnya ('3')/

Ada proteksi terhadap matahari senilai SPF 21 PA++ dengan bahan aktif sunscreen ethylhexyl methoxycinnamate (organic/chemical sunscreen) , cuma namanya produk complexion gini jangan diandalkan ya SPF-nya, kan ga mungkin dempulan sampai seukuran koin 500 rupiah 😅

Ada juga kandungan hyaluronic acid, potassium ascorbyl tocopheryl phosphate (gabungan antara vitamin C dan E), phytosteryl/octyldodecyl lauroyl glutamate (plant-based sterol, sebagai emollient & calming ingredients), ceramide, ekstrak daun artichoke, dan bahan-bahan lain yg bermanfaat bagi kulit. Tapi hanya sebagai penggembira saja karena adanya di urutan bontot (jumlahnya sedikit sekali). Size:
28 gr

PAO:
Entahlah, tapi biasanya produk liquid 12M

Price:
Aku belinya bagi dua dengan Caroline Melisa Puspitasari, tapi kalian bisa juga beli di official shop-nya Canmake di Shopee (kalo stocknya masih ada ya).
Harga aslinya sekitar 190k setauku. Tapi aku beli pas diskon 50%+buy 1 get 1, jadi kena 47.500 aja (bagi dua sama sis Carol hehehe). Kayaknya sih promo buy 1 get 1 di official shop-nya sudah berakhir. Sebagai gantinya kalian mendapatkan free pouch gitu.

Swatch:

Maapkeun lighting-nya yang kurang oke. Intinya sih warnanya nyatu banget sama kulitku. Oh ya, foundation ini ketika masih di botol kelihatannya lebih gelap daripada aslinya.

My experience with this product:
Makeup pemangkas umuuuur~
(tolong jangan dibaca pake nada Doraemon pas ngeluarin alat, jangan)

Coveragenya cenderung sheer to light, tapi buildable kok sampai medium. Di foto FOTD ini, aku pake dua layer, aplikasinya menggunakan buffing brush. Pake jari pun no problemo, hasilnya jadi lebih natural tapi sheer. Untuk dosa-dosa yang lebih berat, kamu bisa tambahkan concealer di area yang membutuhkan, agar tampilan foundation-nya tetep kece tapi tidak nampak cakey.
Untuk finishnya, foundation ini tergolong dewy finish, tapi uniknya terasa matte di wajah, ga pliket kayak BB cream/foundation dewy ala Korea. Love it! Soalnya kulitku yg oily pun bisa pakai foundation ini
Hasilnya juga bener-bener skin-like, ga keliatan kayak pake foundation, tapi cukup flawless. Di FOTD di atas aku sengaja hanya menggunakan bedak di area hidung dan samping bibir, agar kalian bisa liat seberapa cakepnya efek dewy si foundie ini hehehe.
Kekurangannya? Daya tahannya biasa saja seperti BB cream, sekitar 3 jam sudah mulai luntur. Tapi kalau digunakan dengan mattifying/oil control primer yang oke seperti Cezanne Make Keep Base, foundation ini bisa bertahan hampir seharian, bahkan saat panas-panasan sekalipun.
Kekurangan terbesarnya adalah ketika kamu ingin repurchase foundation ini, tapi kamu tidak bisa repurchase karena produk ini sudah discontinue 。゜゜(´O`) ゜゜。
Serius, di wesitenya juga sudah di-take down lho, tidak dipajang lagi. Sedih akutu huhuhu.

Soooo~




The Conclusion:
Pros:
  • Terasa matte, tampak dewy
  • Mudah di-blend
  • Tampak seperti kulit asli tanpa foundation, skin-like
  • Cakep buat daily atau kalau ingin hangout dengan muka rapi tapi terlihat effortless
  • Recommended untuk semua jenis kulit. Untuk yang kulit kering tetap harus skin-prep yang oke ya agar foundationnya tidak terlihat crack
Cons:
  • Daya tahannya hanya sekitar 3 jam bila digunakan tanpa oil-control primer
  • Tidak ada shade yang sesuai untuk pemilik kulit cool undertone
  • Discontinued :((
Will I repurchase? GA BISA, DISCONTINUED ・゚・(。>ω<。)・゚・

Oh iya, bahan-bahan yang kugunakan untuk membuat adonan FOTD ini adalah sebagai berikutss~
Makeup:
Canmake Smooth Liquid Foundation 02 Ochre (pastinya)
Cezanne Keep Makeup Base (botol pink)
Catrice Camouflage Cream (anti-shadow), buat di area mata
RCMA No Color Powder, buat di sekitar t-zone dan samping bibir
Just Miss Eyebrow Pencil (dark brown)
Profusion Nude 28 Color Eyeshadow Palette
Catrice Allround Mascara (waterproof)
Catrice Sun Glow Matte Bronzing Powder (020 Deep Bronze)
AC Makeup Cream Blush (red)
City Color Be Matte Blush (blackberry)
Maybelline Color Sensational Powder Matte Lipstick (Nude Illusion)
Silkygirl Moisture Rich Lipcolor (sexy)

Skincare:
Cezanne High Moist Skin Conditioner (pink)
Dermayu Vit. C Serum
Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++ (ini di kulit rasanya kayak silicone primer)

Contact lenses: EOS Cutie (black)








See you again next time! Thanks for reading my blog (´。• ω •。`) ♡

Comments

Popular posts from this blog

Kitoderm Vitamin C 15% Serum

Pond's Glitter Glow Cream vs. Pond's Instabright Glow Up Cream (Review & Comparison)

Sweet Tutty Fruity Blue 3T